24 September 2014

Budaya, Makanan, dan Ciri Khas Kota Tuban

http://pujokesuma.files.wordpress.com/2010/03/tugu-tuban.jpg          https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh2fNfXPASz7jsrLR056XPDWXO_X8cAnY0hNaKOM8tmr_hKhgHx0fJev2eBfQpLFomyXywWyeYW22Ob4Q3BmgtrYyOcZ4-aaEXEiZYgaXmufP3GfMHYZweQwV46qRMig8FPfZRiXou0IYE/s1600/LOGO+KABUPATEN+TUBAN.png

BUDAYA 

Hari jadi Tuban
Serangkaian kegiatan ritual diselenggarakan dalam rangka hari jadi Tuban setiap tanggal 12 Nopember antara lain : ziarah ke makam Leluhur, Tirakatan dan macapatan di Kadipaten Lama, serta Upacara Kirab Panji-panji daerah. Selain itu diselenggarakan pula berbagai lomba maupun hiburan selama bulan Nopember tersebut.                                                                                                                                               HUT kemerdekaan
Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang tahun Kemerdakaan republic Indonesia, selama bulan Agustus Pemerintah Kabupaten tuban menggelar berbagai pertunjukan kesenian tradisional di Alon-alon Tuban untuk menghibur masyarakat.
Haul Sunan Bonang
Kegiatan Haul Sonan Bonang dilaksanakan setiap hari kamis Pon Malam Jum`at Wage bulan Muharram atau Sura. Berbagai kegiatan islami digelar dalam rangka memperingati wafatnya Aulia Sunan Bonang atau lebih dikenal dengan Haul Sunan Bonang. Kegiatan tersebut diantaranya : Pagelaran Kesenian Hadrah se-Jawa Timur, Khitanan Massal, Khotamul Qur`an Bil Ghoib Wan Bin Nadhor, dan puncak acara adalah pengajian Akbar di depan masjid Agung Tuban.
Pagelaran Wayang Krucil
Wayang Krucil yang semakin langka pementasannya dapat di nikmati di Balai Kelurahan Baturetno Kecamatan Tuban dalam rangka Sedekah Bumi Mbah Buyut Khadut setiap hari Kamis Pahing Bulan Ruwah.
Sedekah Laut
Masyarakat Kelurahan Karangsari Kota Tuban mensyukuri hasil tangkapan ikan selama setahun dengan menggelar ritual Sedekah laut pada bulan September, dalam ritual ini tersaji pula berbagai atraksi budaya masyarakat pesisir, antara lain : Larung Sesaji, dan Olah raga Gelut Pathol.
HUT Kwan Sing Tee Koen
Klenteng Kwan Sing Bio Tuban memperingati kelahiran Kongcoo Kwan Sing Tee Koen pada Imlek Lak Gwee dengan menggelar berbagai pertunjukan kesenian etnis Tionghoa seperti tari barong Said an Liong Sai, serta hiburan untuk masyarakat umum seperti Panggung Hiburan dan Wayang Kulit. Dalam acara ini biasanya pengunjung kalangan etnis Cina dating dari berbagai penjuru, jumlahnya bias melebihi 6.000 orang.
Lomba Perahu Hias
Di sela-sela rutinitas mencari ikan di laut, masyarakat pesisir Tuban mengekspresikan kreativitas mereka dengan menghias perahu yang kemudian diikutkan dalam lomba Perahu Hias, even ini digelar setiap tahun pada bulan agustus oleh PT. Semen Gresik Tbk Tuban di Pelabuhan Glondong Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban.

MAKANAN

       Kota Tuban juga mempunyai makanan dan minuman khas yang sangat menggoda dan dijamin pasti ingin mencicipinya kembali, seperti Rajungan, Pepes belut, Pepes Kodok, Ayam Panggang Bektiharjo, dan untuk minumannya yang sangat menggoda yaitu “Legen”, yang konon bisa meluruhkan sakit batu ginjal. Minuman Legen merupakan minuman khas daerah Tuban terbuat dari air dahan pohon Siwalan yang banyak bertebaran di daerah Tuban dengan tanpa dilakukan fermentasi, rasanya manis khas, segar dan enak, sekali mencicipi pasti dijamin ingin mencicipinya kembali. Tapi sayang, ada beberapa oknum yang sengaja mencampurnya, sehingga rasanya menjadi lain, jadi bagi para wisatawan yang sengaja berkunjung ke kota kami Tuban tercinta, apabila ingin merasakan Minuman Legen asli mesti selektif dan nanya nanya terlebih dahulu kepada masyarakat setempat, dijamin mereka pasti tau dimana bisa mendapatkan Legen asli, dan biasanya membelinya langsung datang kerumah orang yang berjualan. Minuman Legen lebih enak lagi apabila didapatkan pada musim kemarau. Minuman ini sangat cocok sekali apabila dihidangkan dingin-dingin atau diberi es batu. Apabila anda-anda ingin berkunjung ke kota kami atau sekedar ingin melepas lelah dalam perjalanan dan berhenti ke kota kami, jangan lupa untuk rajin bertanya apabila ingin mendapatkan wisata kuliner kota Tuban, dijamin wisata kuliner kota Tuban sangat menyenangkan dan anda akan merasa puas.
       Apabila anda sudah puas dengan wisata kulinernya, anda juga bisa mendapatkan oleh-oleh produk olahan laut, sebab Tuban mempunyai produk olahan laut yang sangat layak untuk dijadikan oleh-oleh atau dikonsumsi sendiri, seperti Terasi Tuban, Petis Ikan, Petis Udang, Kerupuk Udang, dan ikan Teri. 

CIRI KHAS

      Kabupaten Tuban adalah sebuah kabupaten di Jawa Timur, Indonesia. 
Ibu kotanya berada di kota Tuban. Luasnya adalah 1.904,70 km² dan panjang pantai mencapai 65 km. Penduduknya berjumlah sekitar 1 juta jiwa. 
    Tuban disebut sebagai Kota Wali karena Tuban adalah salah satu kota di Jawa yang menjadi pusat penyebaran ajaran Agama Islam namun beberapa kalangan ada yang memberikan julukan sebagai kota tuak karena daerah Tuban sangat terkenal akan penghasil minuman (tuak & legen) yang berasal dari sari bunga siwalan (ental). 
    Beberapa obyek wisata di Tuban yang banyak dikunjungi wisatawan adalah Makam Wali, contohnya Sunan Bonang, Makam Syeh Maulana Ibrahim Asmaraqandi (Palang), Sunan Bejagung dll. Selain sebagai kota Wali, Tuban dikenal sebagai Kota Seribu Goa karena letak Tuban yang berada pada deretan Pegunungan Kapur Utara. Bahkan beberapa Goa di Tuban terdapat stalaktit dan Stalakmit. Goa yang terkenal di Tuban adalah Goa Akbar, Goa Putri Asih, dll. 
     Tuban terletak di tepi pantai pulau Jawa bagian utara, dengan batas-batas wilayah: utara laut Jawa, sebelah timur Lamongan, sebelah selatan Bojonegoro, dan barat Rembang dan Blora Jawa Tengah.

Sumber: 





     
 
  

  
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar